Kamis, 15 Oktober 2009

Ami Vitale sang wartawan Foto



Ami Vitale (lahir 1971) adalah seorang wartawan foto Amerika. Dia memiliki gelar dalam International Studies dari University of North Carolina. Foto-fotonya muncul di Time, Newsweek, US News & World Report, Natinal Geographic dan The New York Times dan dua cerita-cerita yang ia selesaikan pada tahun 2001 di Guinea Bissau dan Mauritania ditempatkan pertama di National Press Photographers Association. Dia telah memenangkan banyak penghargaan untuk foto-fotonya, termasuk 'Le Prix de la femme CANON Photojournaliste 2003' dan National Press Photographers Association Majalah fotografer tahun 2004.

HENRI CARTIER BRESSON


Henri Cartier-Bresson 22 Agustus 1908 - 3 Agustus 2004 adalah seorang Perancis dianggap sebagai bapak modern foto jurnalism adopter awal dari 35 mm format, dan penguasa candid fotografi. Dia membantu mengembangkan" Fotografi Jalanan "atau "kehidupan nyata reportase" gaya yang telah mempengaruhi fotografer generasi berikutnya.

Biografi

Masa kanak-kanak

Cartier-Bresson lahir di Chanteloup-en-Brie dekat paris, Perancis, Dia anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya adalah orang kaya yang memiliki pabrik tekstil Cartier-Bresson thread adalah pusat menjahit Prancis kit. Keluarga ibunya adalah pedagang kapas dan pemilik tanah dari Normandia, di mana ia menghabiskan sebagian masa kecilnya. Cartier-Bresson yang keluarganya tinggal di sebuah lingkungan Borjuis di Paris, di dekat Jembatan Eropa, dan memberinya dukungan finansial untuk mengembangkan minat di fotografi dalam cara yang lebih independen daripada banyak orang sezamannya. Dia juga membuat sketsa di waktu luangnya.. Keluarganya digambarkan sebagai "katolik sosialis"

Sebagai seorang anak muda, Cartier-Bresson memiliki sebuah Box Brownie, digunakannya untuk mengambil foto-foto liburan, kemudian dia bereksperimen dengan 3 × 4 inch. Ia dibesarkan di prancis gaya borjuis tradisional, Ayahnya menganggap bahwa anaknya akan mengambil bisnis keluarga, tapi Henri itu keras kepala dan merasa ngeri dengan prospek ini.

awal tahun

Cartier-Bresson belajar di Paris di École Fenelon, seorang Katolik sekolah. Setelah usaha yang gagal untuk belajar musik, pamannya Louis, yang berbakat pelukis, memperkenalkan Cartier-Bresson tentang lukisan cat minyak. "Lukisan sudah menjadi obsesi saya sejak adik ayahku, membawa saya ke studio pada liburan Natal tahun 1913, ketika aku berusia lima tahun. Di sana aku tinggal di suasana lukisan; aku menghirup kanvas.

Pada tahun 1927, pada usia 19 tahun, Cartier-Bresson memasuki sebuah sekolah seni swasta dan Lhote Akademi, Paris studio Chubist (pelukis dan pemahat) Andre Lhote. ambisi Lothe adalah untuk menyatukan Cubists 'pendekatan realitas dengan bentuk seni klasik, dan untuk menghubungkan tradisi klasik Perancis Nicolas Poussin dan Jacques-Louis David untuk Modernisme. Cartier-Bresson juga belajar melukis dengan masyarakat pelukis Jacques Emile Blanche. Selama periode ini, ia membaca Dostoyevsky, Schopenhauer, Rimbaud, Nietzsche, Mallarme, Freud,Proust, Joyce, Heqel, Engels, dan Marx. Lhote membawa murid-muridnya ke Louvre untuk belajar klasik seniman dan galeri Paris untuk belajar seni kontemporer. Cartier-Bresson tertarik pada seni modern yang dikombinasikan dengan kekaguman terhadap karya-karya dari Renaisans karya dari Jan van Eyck Paolo Prima, Masaccio dan Piero della Francesca. Cartier-Bresson Lhote sering dianggap sebagai guru fotografi tanpa kamera.

Walaupun secara bertahap mulai merasa tidak nyaman dengan Pendekatan aturan seni Lhote's , ketat-nya teori dari pelatihan kemudian membantu dia untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah bentuk artistik dan komposisi dalam fotografi. Tahun 1920-an, sekolah dari realisme fotografi itu bermunculan di seluruh Eropa, tetapi masing-masing memiliki pandangan yang berbeda mengenai arah fotografi. Fotografi revolusi telah dimulai: "Crush tradisi! Foto hal-hal seperti mereka!" Gerakan The Surrealist (didirikan pada tahun 1924) oleh seorang katalis dari pergeseran paradigma ini. Sementara Lhote masih belajar di studio, Cartier-Bresson mulai bersosialisasi dengan surealis di Café Cyrano, di Place Blanche. Dia bertemu sejumlah tokoh terkemuka gerakan, dan terutama tertarik pada gerakan Surrealist menghubungkan bawah sadar dan langsung untuk pekerjaan mereka. Peter Galassi explains: Petrus Galassi menjelaskan:

Mendekati yang surealis fotografi dengan cara yang sama yang Aragon dan breton ... mendekati jalan: dengan nafsu rakus yang biasa dan tidak biasa ... The surealis diakui dalam fotografi jelas kenyataannya kualitas penting yang telah dikeluarkan dari teori-teori sebelumnya fotografi realisme. Mereka melihat bahwa foto-foto biasa, terutama ketika tercerabut dari fungsi praktis, mengandung kekayaan yang tidak disengaja, tak terduga makna.

Cartier-Bresson matang artistik dalam badai ini budaya dan lingkungan politik. Dia menyadari konsep dan teori-teori yang disebutkan tapi tidak bisa menemukan cara untuk mengekspresikan imajinatif ini dalam lukisannya. Dia sangat frustasi dengan eksperimen dan kemudian menghancurkan sebagian besar karya-karya awalnya.

Dari tahun 1928 sampai 1929, Cartier-Bresson kuliah di Universitas Cambridge untuk belajar seni dan sastra Inggris dan menjadi dwibahasa. In 1930, dia melakukan layanan wajib dalam Angkatan Darat Perancis ditempatkan di Le Bourget, dekat Paris. Dia ingat, "Dan aku punya waktu yang cukup keras. karena saya yang membawa Joyce dibawah lengan dan sebuah senapan lebel di pundakku."

Pada tahun 1931, begitu keluar dari Angkatan Darat dan setelah membaca Conrad's Heart of Darkness, Cartier-Bresson mencari petualangan di Pantai gading, di Afrika kolonial Perancis. Dia menulis, "Saya meninggalkan studio Lhote karena aku tidak ingin masuk ke dalam semangat yang sistematis. Aku ingin menjadi diriku sendiri. Untuk cat dan untuk mengubah dunia dihitung lebih dari segala sesuatu dalam hidupku." Dia bertahan hidup dengan shooting game dan menjualnya ke penduduk setempat. Dari berburu, dia belajar metode yang ia akan digunakan di teknik fotografi nya. Itu ada di Pantai Gading bahwa ia terjangkit demam Blackwater, yang hampir membunuhnya. Sementara masih demam dia mengirimkan instruksi untuk pemakaman sendiri, menulis surat kepada kakek dan meminta untuk dimakamkan di Normandie, di tepi hutan Eawy sementara Debussy's String Quartet dimainkan. Seorang paman menulis kembali, "Kakekmu menemukan semua yang terlalu mahal. Akan lebih baik Anda kembali pertama." Walaupun Cartier-Bresson mengambil kamera portabel (lebih kecil daripada Box Brownie) untuk Pantai Gading, hanya tujuh foto selamat dari daerah tropis.

Beralih dari lukisan dengan fotografi

Henri Cartier-Bresson, Behind the Gare St Lazare

Cartier-Bresson Leica pertama


Kembali ke Perancis, Cartier-Bresson sembuh di Marseille pada tahun 1931 dan memperdalam hubungannya dengan surealis. Ia menjadi terinspirasi oleh hungaria 1930 wartawan foto foto oleh Martin Munkacsi menunjukkan tiga anak laki-laki telanjang Afrika muda, terjebak di dekat-siluet, berlari ke ombak dari Danau Tanganyika Berjudul Tiga Anak Laki - laki di danau Tanganyika, menangkap ini kebebasan, rahmat dan spontanitas gerakan mereka dan sukacita mereka di hidup. Cartier-Bresson berkata:

"Satu-satunya hal yang benar-benar adalah kagum kepada saya dan membawa saya ke fotografi adalah karya Munkacsi. Ketika aku melihat foto hitam Munkacsi anak-anak berlari-lari dalam gelombang Aku tidak percaya hal semacam itu dapat ditangkap dengan kamera. Aku berkata sialan, saya membawa kamera dan pergi keluar ke jalan.

Foto itu terinspirasi dia untuk berhenti melukis dan untuk mengambil fotografi serius. Dia menjelaskan, "tiba-tiba aku mengerti bahwa sebuah foto bisa memperbaiki keabadian dalam sekejap." Ia memperoleh Leica 50 mm kamera dengan lensa di Marseilles yang akan menemaninya selama bertahun-tahun. Leica ia menggambarkan sebagai perpanjangan matanya. The anonimitas bahwa memberinya kamera kecil di tengah keramaian atau dalam momen intim itu penting dalam mengatasi formal dan perilaku tidak wajar dari orang-orang yang sadar sedang difoto. He Dia ditingkatkan anonimitasnya dengan mengecat semua bagian mengkilap Leica dengan cat hitam. Leica membuka kemungkinan baru dalam fotografi - kemampuan untuk menangkap dunia dalam keadaan yang sebenarnya gerakan dan transformasi. Dia berkata, "Aku berkeliaran di jalan-jalan sepanjang hari, merasa sangat tegang-up dan siap menerkam, siap untuk 'jebakan' kehidupan." Restless, dia difoto di Berlin, Brussel, Warsawa, Praha, Budapest dan Madrid. Foto-fotonya pertama kali dipamerkan di Galeri Julien Levy di New York pada 1932, dan kemudian di Ateneo Club di Madrid. Pada tahun 1934 di Meksiko, ia berbagi sebuah pameran dengan Manuel Alvarez Bravo. Pada awalnya, ia tidak foto asli yang banyak di Perancis. Ini akan menjadi tahun sebelum ia memotret di sana secara ekstensif.

Pada 1934 Cartier-Bresson muda Polandia bertemu dengan seorang intelektual, seorang fotografer bernama David Szymin yang disebut "ini si bill" karena namanya sulit untuk diucapkan. Szymin kemudian mengubah namanya menjadi David Seymour Keduanya memiliki banyak kesamaan budaya. Melalui Chim, Cartier-Bresson bertemu dengan seorang fotografer Hungaria bernama Endre Friedmann, yang kemudian mengubah namanya menjadi Robert Capa Ketiga berbagi studio di awal 1930-an dan dibimbing Capa Cartier-Bresson, "Jangan menyimpan label fotografer yang surealis. Jadilah seorang wartawan foto. Jika tidak, Anda akan jatuh ke dalam perangai. Jaga surealisme dalam hati kecil Anda, sayangku. Jangan gelisah.

Awards

1986 Novecento Premio
1981 Grand Prix National de la Photographie
1975 Deutsche Gesellschaft für Photographie
1975 Culture Prize
1964 Overseas Press Club of America Award
1960 Overseas Press Club of America Award
1959 Prix de la Société Française de Photographie
1954 Overseas Press Club of America Award
1953 A.S.M.P. Award
1948 Overseas Press Club of America Award

Exhibitions

2006 Scrapbook - Fondation Henri Cartier-Bresson, Paris, France
2003/05 De qui s’agit-il ? - Bibliothèque Nationale de France, Paris, France;
Fundacion Caixa, Barcelona, Spain; Martin Gropius-Bau, Berlin, Germany;
Scottish National Gallery Edinburgh, UK
1998/00 Henri Cartier-Bresson Portraits: Tête à Tête - National Portrait Gallery, London,
UK; Scottish National Gallery, Edinburgh, UK;
National Portrait Gallery, Washington D.C., USA
1997/99 Des Européens - Maison européenne de la Photographie, Paris, France;
Hayward Gallery, London, UK; Le Botanique, Bruxelles, Belgium;
Museo della Fotografia Storica; Torino, Italy; Kunsthalle, Düsseldorf, Germany;
Louisiana Museum, Copenhagen, Danmark, Art Museum Helsinki City, Helsinki,
Finland
1996 Carnets mexicains de Henri Cartier-Bresson - Centre National de la Photographie,
Paris, France
1994 Hommage to Henri Cartier-Bresson - ICP, New York, USA
1991 Henri Cartier-Bresson - Osaka University of Arts, Osaka, Japan
1987 Henri Cartier-Bresson: The Early Work - The Museum of Modern Art, New York,
USA
1985/88 Henri Cartier-Bresson en Inde - CNP, Palais de Tokyo, Paris, France;
Musée de l'Elysée, Lausanne, Switzerland; ICP, New York, USA;
National Gallery of Modern Art, New Delhi, India
1984/85 Photographs by Henri Cartier-Bresson from Mexico, 1934 and 1963 -
Art Museum of South Texas, Corpus Christi, USA;
Center for Creative Photography, Tucson, USA
1984 Paris à vue d'oeil - Musée Carnavalet, Paris, France
1980 Henri Cartier-Bresson : 300 photographies de 1927 à 1980 -
Musée d'Art moderne de la Ville de Paris, Paris, France
1979/80 Henri Cartier-Bresson Photographer, ICP, New York, USA; The Art Institute,
Chicago, USA; Carnegie Institute, Pittsburgh, USA; Virginia Museum of Fine Arts,
Richmond, USA, Palacio de Bellas Artes, Mexico City, Mexico;
Seattle Art Museum, Seattle, USA
1978 Cartier-Bresson : Archival Collection - Osaka University of Arts, Osaka
1976 Selected Photographs by Henri Cartier-Bresson - The National Gallery
of Modern Art, New Delhi, India
1974 A propos de l'URSS 1953-1974 - ICP, New York, USA
1970 Henri Cartier-Bresson : En France - Galeries nationales du Grand Palais, Paris
1969 Photographs by Henri Cartier-Bresson - Victoria & Albert Museum, London, UK;
Graves Art Gallery, Sheffield, UK; City Art Gallery, York, UK;
City Art Gallery, Leeds, UK; Museum of Modern Art, Oxford, UK
1968 Cartier-Bresson : recent photographs - The Museum of Modern Art,
New York, USA
1966 Photographies d'Henri Cartier-Bresson - Musée des Arts Décoratifs,
Paris, France; Villa Comunale, Milano, Italy; Kunsthalle Köln, Germany
1966 After The Decisive Moment 1966-1967 - Asahi Shimbun, Tokyo, Japan
1964 Photographs by Cartier-Bresson - The Phillips Collection, Washington D.C., USA
1957/60 Henri Cartier-Bresson : The Decisive Moment (same exhibition than in 1955/56) -
R.B.A Gallery, London, UK; Nihombashi Takashimaya, Tokyo, Japan;
M.H. de Young Memorial Museum, San Francisco, USA, IBM Gallery,
New York, USA,
1955/56 Henri Cartier-Bresson : Photographies 1930-1955 - Musée des Arts Décoratifs,
Pavillon de Marsan, Paris, France; Kunstgewerbemuseum, Zürich, Switzerland;
Stadtisches Museum, Leverkusen, Germany; Kunstverein München, Munich,
Germany; Bremer Kunsthalle, Bremen, Germany; Staatliche Landesbildstelle
Museum, Hamburg, Germany; Palazzo della Societa per le belli Arti, Milano,
Italy; Circolo della Provincia, Bologna, Italy
1953 Great Documentary Photographer : Henri Cartier-Bresson - The Art Institute
of Chicago, Chicago, USA
1952 215 fotografie de Henri Cartier-Bresson - Strozzina di Firenze, Firenze, Italy
1952 Photographs by Henri Cartier-Bresson - Institute of Contemporary Arts, London,
UK
1947 The Photographs of Henri Cartier-Bresson - The Museum of Modern Art, New York,
USA
1935 Fotografias : Cartier-Bresson, Alvarez Bravo - Palacio de Bellas Artes de Mexico,
Mexico City, Mexico
1935 Documentary & Anti-Graphic Photography - Photographs by Cartier-Bresson
Walker Evans & Manuel Alvarez Bravo
- Julien Levy Gallery, New York, USA;
1933 Photographs by Henri Cartier-Bresson and an exhibition of
Anti-Graphic Photography
- Julien Levy Gallery, New York, USA;
Ateneo Club, Madrid, Spain

Collections

Bibliothèque Nationale de France, Paris, France
De Menil Collection, Houston, USA
University of Fine Arts, Osaka, Japan
Victoria & Albert Museum, London, UK
Maison Européenne de la Photographie, Paris, France
Musée Carnavalet, Paris, France
The Museum of Modern Art, New York, USA
The Art Institute of Chicago, USA
The Getty Museum, Los Angeles, USA
International Center of Photography, New York, USA
The Philadelphia Art Institute, Philadelphia, USA
The Museum of Fine Arts, Houston, USA
Kahitsukan Kyoto Museum of Contemporary Art, Kyoto, Japan
Museum of Modern Art, Tel Aviv, Israel
Stockholm Modern Museum, Stockholm, Sweden

Books

2006 Scrapbook, Steidl, Germany
2006 Portraits par Henri Cartier-Bresson, Thames & Hudson, France;
(The portraits of Henri Cartier-Bresson) Thames & Hudson, UK
2003 De qui s'agit-il ?, Gallimard/Bibliothèque Nationale de France;
(The Man, the Image and the World) Thames & Hudson, UK;
(Di chi si tratta ?) Contrasto, Italy
2001 Paysages, Delpire éditeur; (Landscape Townscape) Thames & Hudson, UK;
(City and Landscapes) Bulfinch, USA; (Paesaggi) Contrasto, Italy;
(Landschaften und Städte) Schirmer & Mosel, Germany
1998 Tête à Tête, Gallimard, France; Thames & Hudson, UK;
Bulfinch, USA; Schirmer & Mosel, Germany;
Leonardo Arte, Italy
1997/98 Des Européens, Le Seuil, France; (Europeans) Thames & Hudson, UK;
Bulfinch, USA; (Europaër) Schirmer & Mosel, Germany;
(Gli Europei) Peliti Associati, Italy
1996/99 L'Imaginaire d'Après Nature, Fata Morgana, France; (The Mind's eye)
Aperture, USA
1995 Carnets mexicains 1934-1964, Hazan, France;
(Mexican Notebooks 1934-1964)
Thames & Hudson, UK;
(Henri Cartier-Bresson Messico 1934-1964) Federico Motta Editore, Italy
1995 L'Art Sans Art, Flammarion, France; (Henri Cartier-Bresson and the Artless Art)
Thames & Hudson, UK;
Bulfinch, USA; (Henri Cartier-Bresson Seine Kunst Sein Leben)
Schirmer & Mosel, Germany
1994 Double Regard. Drawings and Photographs, Le Nyctalope, France
1994 Paris à vue d'oeil, Le Seuil, France; (A Propos de Paris) Thames & Hudson,
UK; Bulfinch, USA; Schirmer & Mosel, Germany
1991 Alberto Giacometti photographié par Henri Cartier-Bresson, Franco Sciardelli,
Italy
1991 L'Amérique Furtivement, Le Seuil, France; (America in Passing) Bulfinch, USA;
Thames & Hudson, UK, Schirmer & Mosel, Germany;
Federico Motta Editore, Italy
1991 Henri Cartier-Bresson - Premières photos : de l'objectif hasardeux au hasard
objectif,
Arthaud, France
1989 L'Autre Chine, Centre National de la Photographie, France
1989 Trait pour trait, Arthaud, France; (Line by Line: Henri Cartier-Bresson’s Drawings)
Thames & Hudson, UK, Schirmer & Mosel, Germany
1987 Henri Cartier-Bresson in India, Thames & Hudson, UK, USA
1987 Henri Cartier-Bresson - The Early Work, The Museum of Modern Art, New York, USA
1985 Photoportraits, Gallimard, France; Thames & Hudson, UK, USA;
Schirmer & Mosel, Germany
1985 Henri Cartier-Bresson en Inde, Centre National de la Photographie, France
1983 Henri Cartier-Bresson: Ritratti 1928-1982 (Collection "I Grandi Fotografi"),
Gruppo Editoriale Fabbri, Italy
1982 Photo Poche, Centre National de la Photographie, France
1979 Henri Cartier-Bresson: Photographe, Delpire éditeur, France;
(Henri Cartier-Bresson: Photographer) Bulfinch, USA ;
Thames & Hudson, UK;
Pacific Press Service, Japan
1973 A propos de l'URSS, éditions du Chêne, France; (About Russia)
Thames & Hudson, UK; Viking Press, USA
1972 The Face of Asia, John Weatherhill, USA & Japan; Orientations Ltd.,
Hong Kong; (Visage d'Asie) éditions du Chêne, France
1970 Vive la France, Robert Laffont, France; (Cartier-Bresson's France)
Thames & Hudson, UK; Viking Press, USA
1969 L'homme et la machine, commissioned by IBM, éditions du Chêne, France;
(Man and Machine) Viking Press, USA; Thames & Hudson, UK
1969 Les Français, éditions Rencontre, Switzerland
1968 Flagrants délits - Photographies de Henri Cartier-Bresson, Delpire éditeur,
France; (The World of Henri Cartier-Bresson) Viking Press, USA
1963 China as photographed by Henri Cartier-Bresson , Bantam Books, USA
1963 Photographies de Henri Cartier-Bresson, Delpire éditeur, France;
(Photographs by Henri Cartier-Bresson) Grossman Publishers, USA;
Jonathan Cape, GB; Asahi Shimbun, Japan
1958 Henri Cartier-Bresson: Fotografie, Statni Nakladatelstvi
Krasné,Czechoslovakia
1955 Les Européens, Verve, France; (The Europeans) Simon & Schuster, USA
1955 Moscou vu par Henri Cartier-Bresson, Delpire Editeur, France; (People of Moscow)
Thames & Hudson, UK; Simon & Schuster, USA
1954/56 D'une Chine à l'autre, Delpire éditeur, France; (China in Transition)
Thames & Hudson, UK; (From One China to Another) Universe, USA
1954 Les Danses à Bali, Delpire éditeur, France
1952 Images à la Sauvette, Verve, France; (The Decisive Moment) Simon & Schuster,
USA
1947 The Photographs of Henri Cartier-Bresson, The Museum of Modern Art, USA

Films

1969/70 Impressions of California, 23', color
1969/70 Southern Exposures, 22', color
1944/45 Le Retour (The Return), 32', b&w
1939 La Règle du Jeu (The Rules of the Game), assistant to Jean Renoir
1938 L’Espagne vivra, 43', b&w
1937 Victoire de la Vie (with Herbert Kline), 49', b&w
1936 Une Partie de Campagne, second Assistant to Jean Renoir